Memahami Makna Hidup & Kehidupan

Memahami Makna Hidup & Kehidupan
  • Save

[Kepribadian Muslim ke-28] | Oleh : Ust. Mulyono

Setiap muslim harus mengetahui siapa dirinya, dari mana ia ada, untuk apa ia ada, dan mau kemana setelah meninggalkan dunia ?. pertanyaan ini penting untuk dipahami agar setiap muslim benar benar hidupnya sesuai dengan tuntunan sang pemberi hidup. Untuk menjawab itu semua, setiap muslim dituntut mampu memahami ma’na hidup dan kehidupan yang diajarkan oleh islam sebagai berikut: (Syeh Yusuf Alqordhowi)

Memahami Makna Hidup & Kehidupan
  • Save
  1. Memahami Tujuan Hidup.

Tujuan hidup seorang muslim adalah: Ibadah kepada Alloh serta mengharap akan Ridhonya. Maka seluruh aktifitas hidupnya hendaknya benar benar diniatkan untuk beribadah kepada Alloh SWT.

وَمَا خَلَقتُالجِنَّوَالاِنسَاِلَّالِيَعبُدُونِ

…tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah kepadaku. (QS Adzariyat: 59)

وَمَاۤ اُمِرُوااِلَّالِيَعبُدُوااللّٰهَمُخلِصِينَلَـهُ الدِّين

Dan tidaklah mereka disuruh kecuali hanya untuk menyembah Alloh dengan memurnikan ketaatan kepadanya (QS Al Bayinah :5)

قُل اِنَّ صَلَاتِى وَنُسُكِى وَ مَحيَاىَ وَمَمَاتِى لِلّٰهِ رَبِّ العٰلَمِينَ

Katakan wahai muhammad sesungguhnya sholatku ibadahku hidupku dan matiku semata mata hanya karena Alloh Rob semesta alam. (QS. QS Al An’am :163)

  1. Memahami pedoman Hidup

Pedoman hidup seorang muslim adalah: Alqur’an dan As Sunnah, Maka dari itu setiap muslim dituntut untuk selalu mempelajari dan memahami Alqur’an dan As Sunnah agar supaya hidupnya selalu dibimbing dan dituntun oleh Alloh dan Rosulnya dijalan yang benar.

اِنَّ هٰذَا الْقُرْاٰنَ يَهْدِيْ لِلَّتِيْ هِيَ اَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا كَبِيْرًا

Sesungguhnya Alqur’an ini memberi petunjuk kepada jalan yang lurus dan memberi kabar gembira kepada orang orang mu’min yang mengerjakan amal sholeh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar. (QS Al Isro’:9)

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ

Aku telah tinggalkan kepada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya. (HR. Malik)

خيركم من تعلم القران وعلمه

sebaik baik diantara kamu sekalian adalah orang yang belajar Alqur’an dan orang yang mengajarkannya. (Mutafaqun Alaih)

  1. Memahami Teladan Hidup

Teladan hidup seorang Muslim adalah : Rosululloh SAW. Munculnya berbagai persoalan hidup baik dalam rumah tangga, masyarakat, maupun berbangsa dan bernegara salah satu penyebabnya adalah karena salah memilih teladan hidup. Maka dari itu seorang muslim diingatkan oleh Alloh agar pandai pandai meneladani kehidupan Rosululloh SAW.sehingga hidupnya benar benar bersama Rosul, karena hidup bersama Rosul merupakan kerinduan setiap muslim.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًا

Sesungguhnya telah ada pada diri rosulloh SAW suri tauladan yang baik bagimu , bagi orang orang yang mengharap rahmat Alloh dan ( kedatangan ) hari qiyamat dan dia banyak menyebut Alloh ( QS. Al Ahzab : 21 )

مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللّٰهِ وَالَّذِيْنَ مَعَه اَشِدَّاۤءُعَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاۤءُ بَيْنَهُمْ تَرٰىهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَّبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنَ اللّٰهِ وَرِضْوَانًا سِيْمَاهُمْفِيْ وُجُوْهِهِمْ مِّنْ اَثَرِ السُّجُوْدِ

Muhammad itu adalah utusan Alloh dan orang orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Alloh dan keridhoannya, tanda tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. (QS. Al Fath:29)

  1. Memahami Shahabat Hidup

Shahabat hidup seorang muslim adalah : seluruh orang muslim. Karana Islam telah menetapkan bahwa setiap muslim adalah bersaudara.

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ

Sesungguhnya orang orang beriman itu bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Alloh supaya kamu mendapat rahmat. (QS Al Hujurot :10)

  1. Memahami lawan hidup

Lawan hidup seorang muslim adalah: Syaithon, oleh sebab itu seorang muslim harus selalu menyatakan permusuhan dengan syaithon baik syaithon jin maupun syaithon manusia, karena syaithon telah menyatakan permusuhan dengan manusia.

يٰاَيُّهَاالَّذِينَاٰمَنُواادخُلُوافِىالسِّلمِکَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُواخُطُوٰتِالشَّيطٰنِ‌اِنَّهلَـکُمعَدُوٌّ مُّبِينٌ

Wahai orang orang beriman masuklah kalian kedalam islam secara total dan janganlah sekali kali mengikuti langkah langkah hidup syaithon karena bagimu adalah musuh yang nyata (QS. Al Baqoroh : 208 )

اِنَّمَا يُرِيْدُ الشَّيْطٰنُ اَنْ يُّوْقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاۤءَ فِى الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللّٰهِ وَعَنِ الصَّلٰوةِ فَهَلْ اَنْتُمْ مُّنْتَهُوْنَ

Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan salat, maka tidakkah kamu mau berhenti? (QS Al Maidah 91)

  1. Memamhami Peran Hidup.

Peran hidup seorang muslim adalah: Sebagai Abidulloh dan Kholifatulloh fil Ardh, Seorang muslim dimana dan kapan saja ia berada harus selalu memperankan dirinya sebagai hamba Alloh, karena hanya kepada Allloh ia menyembah, dan hanya kepada Alloh ia memohon pertolongan.

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, Aku hendak menjadikan khalifah di bumi. ( QS Al Baqoroh 30)

يٰاَيُّهَاالنَّاسُاعْبُدُوْارَبَّكُمُالَّذِيْخَلَقَكُمْوَالَّذِيْنَمِنْقَبْلِكُمْلَعَلَّكُمْتَتَّقُوْنَ

Wahai manusia! Sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelum kamu, agar kamu bertakwa. (QS Al Baqoroh:21)

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ

Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. (QS Al Fatihah:5)

  1. Memahami Keseimbangan Hidup.

Keseimbangan hidup seorang muslim adalah : terpenuhinya kebutuhan dunia dan akhirot. Maka dari itu seorang muslim dituntut untuk selalu berusaha semaksimal mungkin agar supaya terpenuhi kebutuhan hidupnya baik kebutuhan hidup dunia maupun kebutuhan hidup akhirat. Sehingga terjadi keseimbangan yang baik sebagaimana yang diingatkan oleh Alloh SWT.

وَابْتَغِ فِيْمَا اٰتٰىكَ اللّٰهُ الدَّارَ الْاٰخِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَاَحْسِنْ كَمَا اَحْسَنَ اللّٰهُ اِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِى الْاَرْضِ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِيْنَ

…dan carilah pada apa yang telah dianugrahkan Alloh kepadamu negri akhirot, dan janganlah kamu melupakan kebahagiaan dari kenikmatan dunia .dan berbuat baiklah kepada orang lain sebagaimana Alloh berbuat baik kepadamu dan janganlah kamu berbuat kerusakan dimuka bumi, sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang orang yang berbuat kerusakan. (QS Al Qashash : 77)

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَا اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Dan di antara mereka ada yang berdoa,“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka (QS Al Baqoroh :201).

Download Artikel

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Shares
Share via
Copy link